Home » » 7 Tips Memilih Web Hosting Berbayar

7 Tips Memilih Web Hosting Berbayar

Written By Muh.Hidayat on Sabtu, 16 Juli 2011 | 05.05

Disukai atau tidak, web hosting merupakan salah satu kunci vital sebuah blog atau website. Dan seperti diketahui, web hosting ini dibagi menjadi dua yaitu web hosting gratisan dan web hosting berbayar.
Saya sendiri lebih memilih hosting berbayar karena keleluasaan dan kelebihan fitur-fiturnya. Selain itu, saya juga sempat membaca beberapa artikel yang menyatakan beberapa web hosting gratisan memiliki beberapa problem yang sangat krusial.
Sekarang ini memilih web hosting bisa dibilang tidak semudah membalik telapak tangan karena banyaknya penyedia hosting dengan beragam tawaran yang menggiurkan. Di bawah ini adalah beberapa pertimbangan yang penting bagi saya dalam memilih hosting:
1. Jumlah Pelanggan
Tentunya parameter ini bisa diperdebatkan. Namun, bagi saya jumlah pelanggan adalah penting. Semakin banyak jumlah pelanggan suatu penyedia hosting, semakin baik pelayanan dan kualitas penyedia hosting. Logikanya, bila pelayanannya buruk, otomatis pelanggan akan kecewa dan meninggalkan penyedia hosting bersangkutan.
2. Pelanggan ternama
Dari jumlah pelanggan tersebut, saya ingin tahu apakah ada blogger dunia yang menggunakan penyedia hosting yang hendak saya pilih. Saya akhirnya melakukan riset online dan menemukan bahwa beberapa blogger dunia yang menggunakan hosting tersebut.
3. Kecepatan Server
Saya ingin blog yang saya miliki waktu loadingnya cepat. Selain bisa diakses dengan koneksi lambat, waktu loading yang cepat ini membuat pembaca blog saya nyaman, tanpa harus menunggu waktu loading yang lelet.
4. Bandwith
Bandwith yang cukup besar diperlukan bila pengunjung dan jumlah page views tinggi. Hal ini penting bagi saya karena ada beberapa blog yang saya setting untuk menjaring ribuan pengunjung dari situs social bookmarks. Pendek kata, bila kebanjiran pengunjung, blog saya tidak hang (down).
5. Harga
Harga murah belum menjamin bahwa hosting tersebut bagus. Makanya, saya tidak memilih hosting murah, namun tidak juga memilih hosting mahal. Untuk mengetahuinya, saya bandingkan beberapa penyedia hosting dalam negeri.
6. Customer Service
Penyedia hosting yang profesional tentunya menaruh perhatian kepada pelayanan customer. Oleh karenanya, saya coba menghubungi customer service penyedia hosting via chatting untuk menanyakan beberpa hal yang ingin saya ketahui. Respon yang baik menunjukkan keprofesionalannya.
7. Bisa Add On Domain
Add on domain adalah domain yang ditambahkan dalam satu account hosting. Dengan demikian, kita bisa punya beberapa beberapa blog dalam satu akun tanpa biaya tambahan.
Itulah tips-tips saya dalam memilih hosting berbayar. Semoga membantu Anda yang belum familiar dalam memilih web hosting.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. DE'GAGA JAGO blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger